Kamis, 07 Juni 2012

Cara Menjalankan Android di Windows PC

Cara Menjalankan Android di Windows PC

Langkah-langkah di bawah ini akan menunjukkan pada Anda cara install dan menjalankan Android 4 Ice Cream Sandwich di komputer Windows. Jangan khawatir karena semua bisa Anda lakukan dengan bantuan software gratis.

1. Anda perlu install 7-zip. Jika belum ada, sialakan download 7-zip di sini. Proses instalasi 7-zip sangat mudah, cukup tekan tombol Next beberapa kali hingga proses instal selesai.

Setelah 7-zip terinstall di komputer Windows, download VirtualBox dan Android 4 image file.

Setelah kedua file selesai Anda download, double click pada VirtualBox installer untuk memulai instalasi di komputer.

2. Proses instalasi VirtualBox sangat mudah, cukup tekan tombol Next untuk memulai.

3. Selama proses intalasi Anda akan menjumpai beberapa Windows security popup messages. Setiap kali muncul, klik tombol Install. Atau, Anda bisa mencentang pada kotak Always trust software from ‘Oracle Corporation’sehingga pesan popup tidak akan muncul kembali.

4. Pada screen terakhir dari proses instalasi, hilangkan centang dari kotak ‘Start Oracle VM VirtualBox 4.x after installation’ lalu klik pada tombol Finish.

5. Sekarang VirtualBox telah terinstall di komputer Windows Anda. Selanjutnya Anda perlu memasukkan Android ICS image file ke dalamnya sehingga Anda bisa menjalankan Android di Windows.

Pilih Android-v4.7z file yang telah Anda download di step #1. Double-click untuk membukanya.

6. Jika 7-Zip terbuka, silakan lompat langsung ke step #11. Jika Anda diminta Windows untuk memilih program untuk membuka file, klik tombol Browse…

7. Sekarang silakan ke drive C:. Anda akan mendapati 7-Zip telah terinstall di C:\Program Files folder, atau bisa pula di C:\Program Files (x86) folder, tergantung versi Windows yang Anda pakai dan versi 7-Zip yang Anda install. 

Pertama buka folder C:\Program Files (x86) dan lihatlah apakah folder 7-Zip ada di sana. Jika tidak ada kembalilah ke C:\Program Files

8. Buka folder 7-Zip.

9. Pilih 7zFM.exe dan klik tombol Open.

10. Pastikan 7-Zip File Manager telah terpilih, lalu centang ‘Always use the selected program to open this kind of file’ kemudian klik tombol OK.

11. 7-Zip akan terbuka dan menampilkan konten dari file Android-v4.7z. Pilih folder bernama Android-v4 dan klik tombol Extract.

12. Selanjutnya klik tombol ... untuk memilih lokasi tempat Anda akan mengekstrak Android 4 image file. Anda bisa menggunakan Document directory, atau folder lain. Klik OK jika telah selesai.

13. 7-Zip akan mengekstrak konten file yang Anda maksud ke folder yang telah Anda tentukan. Tunggu hingga proses selesai.

14. Sekarang arahkan pada folder Android-v4.7z yang baru saja Anda ekstrak. Pilih file bernama Android-v4.vboxdan double-click pada file itu.

15. Saat VirtualBox terbuka, Anda kemungkinan akan disambut oleh ‘Windows Security Alert’ dari Firewall. Klik tombol ‘Allow access’.

16. Pilih Android-v4 dari kolom sebelah kiri di VirtualBox, klik tombol Start.

17. Saat Android boot up di dalam VirtualBox, Anda akan melihat beberapa pesan ditampilkan. Pesan pertama yang muncul menjelaskan cara kerja keyboard dan cursor dalam Virtual Machines (Android). Baca pesan tersebut secara keselurhan sehingga Anda akan memahami cara keluar dari Android dan kembali ke host (Windows PC). Pada dasarnya Anda cukup menekan Ctrl key yang ada di bagian kanan keyboard.

18. Klik OK setelah membaca pesan secara keseluruhan.

19. Selanjutnya Anda akan melihat pesan berisi jumlah warna yang bisa ditampilkan virtual machine (dalam hal ini Android 4). Abaikan saja. Klik OK.

20. Di tahap ini Anda bisa klik di dalam VirtualBox Windows dan Anda akan melihat cursor berubah menjadi cursor milik Android.

21. Saat berada dalam virtual machine, Anda bisa melihat cursor berwarna biru. Anda bisa menggunakan cursor itu untuk ‘swipe’ seperti di perangkat Android dengan cara tekan dan tahan tombol mouse sebelah kiri sambil menggerakkan mouse. Sebuah klik pada tombol mouse kiri akan berfungsi sebagai ‘tap’ di ponsel Android.

22. Salah satu keuntungan install Android di Windows adalah Anda bisa menggunakan browser untuk menentukan web page mana yang memiliki tempilan sama jika dibuka di ponsel/tablet Android.

23. Klik Ctrl key (kanan keyboard) untuk keluar dari Android dan menjadikan mouse serta keyboard kembali ke fungsi Windows PC.

24. Selamat mencoba!

2 komentar:

  1. ko g jalan sih... tolong bantuannya

    BalasHapus
  2. mantap banget dah, kebetulan lagi belajar tetang android . hehe.

    www.unikgaul.com

    BalasHapus