Rabu, 05 Oktober 2011

Perbedaan iPhone 4S dan iPhone 4


Perbedaan iPhone 4S dan iPhone 4
iPhone 4S telah diumumkan secara resmi oleh Apple kemarin (4 Okt) dalam iPhone Event di Apple Campus, Cupertino, California. Bagi Anda yang baru mengenal iPhone barangkali muncul pertanyaan apakah iPhone 4S sama dengan iPhone 4? Well, Anda tidak akan menemukan perbedaan dalam bentuk visual yang bisa langsung dilihat mata namun seperti yang telah dijelaskan oleh Apple, iPhone 4S merupakan versi upgrade dari iPhone 4 dengan tambahan fitur-fitur baru yang menarik.

Pre-order iPhone 4S akan dimulai pada 7 Oktober nanti untuk wilayah Amerika. Setelahnya Apple berjanji akan rilis iPhone 4S untuk negara-negara lain. Sebelum masuk Indonesia, ada baiknya Anda cermati hal-hal yang membedakan iPhone 4S dari iPhone 4.

1. Form Factor
- iPhone 4S: 115.2 x 58.6 x 9.3mm, 140g
- iPhone 4: 115.2 x 58.6 x 9.3mm, 137g

Setelah sekian banyak konsel iPhone baru yang dibuat oleh berbagai desainer produk, Apple justru rilis iPhone 4S yang sama persis bentuknya dengan iPhone 4. Bedanya, iPhone 4S sedikit lebih berat dibanding iPhone 4.

2. Display
- iPhone 4S: 3.5 inci, 960x640px, LCD with IPS
- iPhone 4: 3.5 inci, 960x640px, LCD with IPS

Salah satu hardware iPhone yang diinginkan banyak pihak untuk mendapatkan upgrade adalah pada display. Sayangnya Apple tidak membuat perubahan pada display iPhone 4S. Meski pixel density sangat tinggi (326ppi) namun tidak ada upgrade dari ukuran touchscreen iPhobe 4.

3. Engine Room
- iPhone 4S: Apple A5
- iPhone 4: Apple A4

Seperti halnya iPhone 3GS, huruf ‘S’ adalah istilah yang diberikan Apple untuk menyebut ‘Speed’. Demikian pula halnya dengan iPhone 4S yang memiliki speed lebih tinggi dari iPhone 4. Itu tak lepas dari prosesor A5 yang dipakai iPhone 4S; merupakan prosesor yang pertama kali dipakai Apple untuk iPad 2.

Prosesor Apple A4 terdiri dari sebuah CPU 1GHz ARM Cortex-A8 dipadu dengan sebuah Hummingbird core dan PowerVR SGX 535 graphics processor GPU. Semua itu didukung dengan RAM 512MB.

Sementara Apple A5 adalah chip yang menggunakan processor dual-core 1GHz ARM Cortex-A9. Untuk performa grafis Apple upgrade ke dual-core PowerVR SGX543MP2 GPU dengan tetap menggunakan RAM 512MB. Menurut keterangan Apple, CPU iPhone 4S memiliki kekuatan 2x lebih tinggi dibanding pendahulunya dan GPU bisa bekerja 7x lebih cepat dari iPhone 4.

4. Imaging
- iPhone 4S: 8MP rear, VGA front, 1080p video
- iPhone 4: 5MP rear, VGA front, 720p video

Salah satu upgrade yang tampak jelas adalah pada kamera iPhone 4S. Apple memperbaiki kualitas kamera dari 5MP di iPhone 4 menjadi 8MP di iPhone 4S. Sensor kamera baru itu juga memberikan optimalisasi dalam merekam video dari 720p menjadi 1080p.

Well, sebenarnya tingginya megapixel bukan satu-satunya penentu baik buruknya kualitas image dan video. Apple dalam hal ini telah meningkatkan optics di iPhone 4S dengan cara membuka maximum aperture dari f/2.8 ke f/2.4. Selaini itu ada perubahan dalam teknologi image sensor yang dikatakan mampu absorsi 73% lebih banyak cahaya. Kamera iPhone 4S juga memiliki tambahan face detection, stabilisation dan noise reduction. Singkat kata, kamera iPhone 4S lebih tajam untuk pengambilan gambar dalam pencahayaan rendah.


5. Connectivity
- iPhone 4S: HSPA+, GPS, BT 4.0, Wi-Fi, ant. switching, AirPlay Mirroring
- iPhone 4: 3G, GPS, BT 2.1, Wi-Fi

dalam kategori ini tidak banyak perbedaan antara iPhone 4 dan iPhone 4S. Tapi perlu dicatat iPhone 4S memiliki dukungan 4G radio. HSPA+ akan sangat membantu untuk keperluan transfer data dalam jumlah besar (14,4Mbps). iPhone 4 dengan dukungan 3G memiliki transfer data speed 7,2Mbps.

Sebagai tambahan, Apple memberikan AirPlay Mirroring di iPhone 4S. Sebagai perbandingan, iPhone 4 dengan AirPlay app bisa memberikan layanan streaming video dan music dari ponsel ke HDTV dan speakers melalui Apple TV, tapi iPhone 4 tidak memungkinkan untuk memperlihatkan hal lain seperti web pages, games, messages dll. Dan semua perkecualian itu bisa dilakukan dengan iPhone 4S.

6. Battery Life
- iPhone 4S: up to 8 hours 3G talk time
- iPhone 4: up to 7 hours 3G talk time

Menggunakan ukuran screen sama dan sebuah chip yang lebih efisien berarti iPhone 4S membutuhkan baterai dengan daya lebih besar dibanding baterai iPhone 4. Dan memang itulah yang diberikan Apple di iPhone 4S.

Jika iPhone 4 memiliki kemampuan 7 jam 3G talk time, 14 jam 2G talk time, 6 jam browsing internet melalui 3G, 10 jam memutar video atau setara dengan 40 jam memutar file mp3 maka iPhone 4S memiliki kemampuan lebih dari itu. 

Baterai iPhone 4S bisa Anda gunakan untuk 8 jam 3G talk time time, 14 jam 2G talk time, 6 jam browsing internet melalui 3G, 10 jam video atau 40 jam memutar file lagu.

7. Software
- iPhone 4S: iOS 5 + Siri
- iPhone 4: iOS 5

Sepertinya rilis iPhone 5 harus menunggu rilis iOS 5. Itulah kenapa Apple tidak mengumumkan iPhone 5 di iPhone Event Selasa kemarin. Artinya saat iPhone 5 rilis nanti Anda tidak perlu update ke iOS 5 tapi Apple akan merilisnya dengan iOS 5 telah terinstall di dalamnya.

Sementara untuk iPhone 4S juga akan mendapatkan upgrade ke iOS 5 dengan voice controller system bernama Siri. Fitur ini akan menjadi asisten pribadi Anda. Dengan mudah Anda bisa memerintahkan Siri untuk membalas SMS, mencari restoran terdekat, dan hal-hal lain yang bisa Anda lakukan hanya dengan berbicara pada Siri di iPhone 4S.

8. Storage
- iPhone 4S: 16/32GB/64GB
- iPhone 4: 8GB

Bukan ciri Apple untuk memberikan micorSD card slot sehingga satu-satunya flash storage harus Anda manfaatkan sebaik-baiknya. Kini dengan tambahan model hingga mencapai 64GB, Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan banyak file tanpa khawatir kekurangan space.

9. Harga
- iPhone 4S: $770 (16GB)
- iPhone 4: $549 (8GB)

Dengan semua fitur tambahan yang ada di iPhone 4S, Apple memasukkan semua kelebihan itu pada harga yang harus Anda bayar.

10. Kesimpulan
iPhone 4S memang bukan iPhone 5 yang diharapkan banyak orang tapi iPhone 4S cukup memiliki banyak hal yang bisa disebut sebagai ‘upgrade’ dari iPhone 4. Jika Anda belum pernah memakai iPhone, maka memilih iPhone 4 merupakan pilihan yang tepat. Tapi jika Anda ingin upgrade dari iPhone 4, pilih saja iPhone 4S sembari menunggu rilis iPhone 5 ;)

12 komentar:

  1. penjelasan yang bagus gan.....
    sangat di mengerti....
    thnk's..

    BalasHapus
  2. Nais impo gan...
    sangat berguna sekali bagi ane
    thanks ya...

    BalasHapus
  3. nice article, thanks ya Dimas :)

    BalasHapus
  4. dahsyat infonya....semoga dapet balesan dari kebaikan agan....

    BalasHapus
  5. jadi mendingan beli iPhone 4 atau iPhone 4S nih? ;D

    BalasHapus
  6. Penjelasan yang hebat.. 5 star rating

    BalasHapus
  7. info yang BAIK dan BAGUS (y)
    Matur Suksma.

    BalasHapus
  8. Wah, nice info bgt, kata" ini gw suka : Jika Anda belum pernah memakai iPhone, maka memilih iPhone 4 merupakan pilihan yang tepat.

    BalasHapus